hujan salju

Sabtu, 18 Oktober 2014

Cara Membuat Blog Agar Lebih SEO FriendLy

Cara Membuat Blog Agar Lebih SEO FriendLy

Dari blog sebelumnya Cara Membuat Blog Trafik Agar Cepat Tinggi menjelaskan beberapa kriteria untuk meningkatkan trafik blog. Nah sekarang saatnya untuk mengoptimasikan blog agar lebih banyak pengunjung dan posisi blog berada di urutan nomor 1 di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, MSC, dll.

Untuk meningkatkan SEO pada blog maka blog harus tampil lebih cepat dahulu, sebelumnya blog yang saya tulis yaitu Cara Membuat Blog Loading Cepat. Didalam optimasi SEO maka seseorang harus membuat blog seoptimal mungkin seperti OnPage dan Offpage. Hal ini disebabkan karena blog tergantung kepada mesin pencarian, terutama Google. Cara melakukan SEO itu sendiri memang sangat mudah, perbandingan OnPage dan OffPage hanya 20% dari keseluruhan. Sehingga OnPage akan lebih berguna daripada OffPage, namun tetap harus dilakukan bila menginginkan blog dalam posisi teratas. Haruslah tau bagian - bagian dari sebuah halaman web yang perlu diberikan SEO, namun bisa juga langsung dari pengunjung sendiri. Bedannya dengan OffPage adalah tidak bisa sepenuhnya diberikan langsung kepada pengunjung.


Yang harus dilakukan adalah memperhatikan halaman blog, jadi mulailah memperhatikan halaman anda daripada homepagenya. Hal ini memang sangat mempengaruhi di mesin pencarian. Sementara itu untuk mendapatkan SEO, OnPage 80% lebih baik daripada OffPage. Kita mulai langkah demi langkah untuk mengoptimasikan blog. Langkah awal adalah dengan OnPage SEO yang ada beberapa kriteria yang harus dilaksanakan seperti dibawah ini:

Metta Description, Title Tag, Dan Heading Tag, Emphasize / Memberikan Bold, Italic, Underline, dan sebagainya, Alt Tag Gambar, OutBound Link, Konten, Url .dll

Mari kita bahas satu persatu mengenai SEO OnPage diatas, Berikut adalah definisinya:

1. Metta Description, Title Tag, Dan Heading Tag
 Hal yang paling utama dinilai oleh google adalah halaman yang relevan dilihat dari kata kunci dari title tagnya. Letakkan Title Tag berada diantara judul artikel browser. Dalam Metta Tag harus memperhatikan hal - hal sebagai berikut ini :
  • Panjang maksimal 160 karakter
  • Jangan mengulang kata lebih dari dua kata.
  • Letakkan kata kunci dibawah deskripsi.
Tambahkanlah Heading Tag sama saja untuk meyakinkan google karena blog anda adalah hal yang terpenting. Untuk lebih jelas mengenai cara untuk mengoptomalkan title tag, heading tag, dan header halaman anda bisa baca "disini".

2. Emphasize

Semua yang terkandung dalam konten anda itu akan mempengaruhi trafik blog, sehingga penggunaan Bold, Italic, Underline dan lain - lain maka hal itu diperlukan untuk kepentingan artikel. Dalam sebuah konten memang memerlukan sebuah keunikan tersendiri seperti mengubah pola tulisan dan warna tulisan. Itu akan sangat berpengaruh bagi konten yang berkualitas.

3. Alt Tag Gambar Optimization
Jika anda memiliki tulisan dari dalam konten artikel, maka sisipkanlah gambar dan menggunakan tulisan yang mendeskripsikan gambar anda. Karena dengan memiliki gambar dalam kata kunci blog anda itu seperti memberikan title pada blog akan membuat mesin pencarian memperhatikan tulisan anda dan anda bisa berada pada halaman pertama di pencarian.

4. OutBound Link

OutBound Link merupakan link yang dapat dikeluarkan, yaitu link dari blog yang mengarahkan ke blog lain. Salah satu ciri dari halaman yang baik atau relevan itu biasanya menyukai link yang dikeluarkan, anda bisa menyantumkan link dari luar blog anda. Hal ini blog anda akan diperhatikaan oleh mesin pencarian karena blog anda mengarahkan untuk pengunjung anda yang bisa anda cantumkan site besar yang telah terpercaya.
Jika anda melihat halaman tentang suatu yang mengincar kata kunci yang kompetitig sebaiknya anda melakukan outbound link ini di blog anda agar Authority yang memiliki artikel yang relevan dapat bersama dengan blog yang anda buat. Seingga hal tersebut bisa meningkatkan relevasi dari artikel anda dan juga membantu pengunjung untuk melihat tambahan referensi lainnya dari blog lain.

5. Konten 

Jika anda memiliki blog maka gunakanlah konten atau artikel yang berkualitas, agar pengunjung dapat menetap dan mengarahkan ke blog anda terus. Hal ini membuat artikel anda semakin terkenal dan trafik blog menjadi lebih tinggi. Buatlah blog anda menjadi berkualitas dengan menentukan tema dan title blog yang diminati oleh pengunjung seperti dengan kata "Gratis", "Rahasia", "Trik", "Tips", dan lain sebagainya. Konten yang berkualitas, bermutu, dan memberikan nilai lebih kepada orang lain akan membuat trafik menjadi lebih tinggi.

6. URL

Url yang baik adalah url yang menggunakan namadomain/kategori/subkategori/judul-artikel untuk blog wordpress. Untuk blogger cukup menggunakan keyword dan permalink seperti http://artikelasli.blogspot.com/2013/11/semua-untuk-seo.html.

Intinya haruslah jelas berisikan keyword yang baik dan dapat dimengerti. Banyak orang yang belum mengerti dan membuat url yang tidak jelas. Seperti yang tertera di bawah ini :
http://artikelasli.blogspot.com/123

Itulah point - point terpenting dalam SEO OnPage. Sehingga artikel yang bermanfaat akan menghasilkan Trafik Tinggi, dan membuat pengunjung selalu berkunjung untuk blog anda.

Berikutnya adalah SEO OffPage yang dapat anda lakukan untuk mengoptimiskan blog anda dengan sebaik mungkin.

7. SEO OffPage

Merupakan kebalikan dari optimasi SEO OnPage, yaitu dengan melakukan dari luar situs atau blog anda. Yang perlu dilakukan adalah dengan membangun backlink. Memperbanyak Inbound Link yaitu link dari situs web lain yang mengarahkan ke blog atau situs anda. Semakin baik link anda maka arahan mesin pencarian ke web anda semakin baik dan reputasi blog anda semakin baik di mata search engine.

Melakukan dengan building link dapat dilakukan dengan banyak cara sehingga diantaranya adalah dengan membuat reciprocial link baik dengan directory / social bookmark ataupun bertukar link dengan blog atau situs lain. Daftarkan blog ke beberapa social bookmark seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya. Berkomentar kepada blog lainnya adalah cara yang tepat untuk meningkatkan  trafik blog anda. Tinggalkanlah link untuk blog orang lain, namun bila hal itu berlebihan maka berkomentar sajalah agar tidak membuat orang lain tabu dengan link yang anda buat.

Itulah beberapa pokok yang bisa anda lakukan untuk Optimasi SEO blog anda. Seo On-Page dan Off-Page akan sangat berpengaruh dalam mengoptimalakan blog. Sehingga perawatan blog harus terus dilakukan agar mendapatkan peringkat di mata Google sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar